News, travel, Wisata

Untuk Menghormati Yadnya Kasada Gunung Bromo Ditutup Sementara Mulai 24 Juni 2021

Gunung Bromo ditutup sementara

Ski-jungle.com – Wisata Gunung Bromo ditutup sementara untuk wisatawan jelang perayaan upacara Yadnya Kasada yang dilaksanakan setiap tahun oleh Suku Tengger.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), menutup sementara kawasan wisata di Gunung Bromo mulai 24-26 Juni 2021.

Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat, membenarkan informasi penutupan tersebut. Berdasarkan informasi yang diberikannya, penutupan tersebut mengacu pada Surat Pengumuman Balai Besar Taman Nasional (BBTN) Bromo Tengger Semeru Nomor: PG.15/ T. 8/BIDTEK.1/ KSA/6/2021.

“Maka untuk sementara kegiatan wisata Gunung Bromo DITUTUP SECARA OVERALL mulai hari Kamis tanggal 24 Juni 2021 pukul 06.00 WIB sampai dengan hari Sabtu tanggal 26 Juni 2021 pukul 24.00 WIB,” tulis pengumuman tersebut, seperti dikutip dari keterangan resminya, Rabu (16/9).

Sementara itu, mengutip laman resmi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) @bbtnbromotenggersemeru, sama seperti dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan Yadnya Kasada 2021 kembali digelar tertutup untuk wisatawan.

“Selain untuk mencegah potensi penularan COVID-19, penutupan juga dilakukan agar saudara kita lebih khidmat merayakan Yadnya Kasada dan merupakan implementasi salah satu dari 10 cara baru pengelolaan kawasan konservasi yaitu “penghormatan nilai budaya dan adat”,” tulisnya.

Dengan demikian, sejumlah jalur masuk ke Bromo juga dilakukan penutupan. Seperti jalur dari arah Probolinggo ditutup di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, sedangkan dari arah Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang.

Adapun, kegiatan wisata Gunung Bromo akan dibuka kembali pada Minggu, 27 Juni 2021, pukul 00.01 WIB. Wisatawan sudah bisa berkunjung kembali ke beberapa destinasi wisata di sekitar Bromo seperti Penanjakan, Bukit Kedaluh, Bukit Cinta, Mentigen, Laut Pasir, dan Savana.