News, travel, Wisata

Seorang Wanita Di Inggris Tak Sengaja Menemukan Boneka Berusia 100 Tahun Saat Jalan-jalan di Pantai

Perempuan Ini Temukan Boneka Langka Berusia 100 Tahun di Pantai Skotlandia  : Okezone Travel

Ski-jungle.com – Seorang wanita tak sengaja menemukan sebuah boneka langka berusia ratusan tahun saat berjalan-jalan di pantai. Boneka langka tersebut diperkirakan berasal dari abad ke-19.

Dilansir Fox Information, wanita bernama Nikki Halkerston, ini tak sengaja menemukan boneka porselen langka yang diperkirakan telah berusia 100 tahun. Boneka berukuran satu inci tersebut ia temukan secara tak sengaja saat sedang mencari kerang dan tembikar di Pantai Broughty Ferryboat.

“Saya sedang mencari beberapa jenis cangkang tertentu dan (boneka) itu menarik perhatian saya dan saya hanya berpikir ‘oh wow’!” kata Halkerston, kepada kantor berita Inggris, SWNS.

Menurut SWNS, boneka itu disebut Icy Charlotte yang didasarkan cerita rakyat Amerika pada abad ke-19, tentang seorang wanita yang menolak untuk berpakaian hangat dalam perjalanannya ke pesta saat malam tahun baru. Akhirnya wanita tersebut meninggal setelah melakukan perjalanan sejauh 20 mil atau 32 kilometer (km).

Sementara itu, mengutip The Washington Blog post, boneka tersebut adalah sebuah boneka mainan di kamar mandi yang diimpor dari Jerman. Karena bentuknya yang menyerupai ‘mayat-mayat kecil’, orang Amerika menyebut boneka tersebut sebagai Frozen Charlotte, yang kemudian menjadi cerita rakyat.

Boneka itu diperkirakan ada antara tahun 1850 dan 1920. Halkerston mengatakan bahwa meskipun tahu boneka itu disebut Frozen Charlotte, dia menyadari pada awalnya betapa istimewanya penemuannya sampai dirinya memposting gambar tersebut.

“Saya mendapatkan komentar dari 450 orang yang mengatakan ‘wow itu luar biasa’ dan sangat jarang menemukan mereka dalam keadaan utuh seperti itu, biasanya mereka patah dan Anda menemukan kepala atau lengan,” kata Halkerston.

“Anda menemukan segala macam hal tetapi ini adalah favorit saya, dan mungkin penemuan paling langka dari apa yang dapat saya lihat dari reaksi orang-orang yang melakukannya sepanjang waktu,” lanjutnya.

SWNS melaporkan bahwa boneka langka itu biasanya dijual dengan harga kisaran 21,23 dolar AS atau Rp 302 ribu, hingga 141,54 dolar AS atau Rp 2 juta.

Walau demikian, Halkerston berpendapat bahwa boneka temuannya bisa bernilai lebih tinggi karena kondisinya yang masih sangat baik. Apalagi, boneka ini juga kerap menjadi buruan para kolektor benda-benda langka.

Akan tetapi, Halkerston dan putrinya Melissa, tak berniat untuk menjual boneka tersebut dan berencana untuk menyimpannya.

“Awalnya saya berpikir saya akan menjualnya, tetapi sekarang saya tahu itu sangat unik, saya tidak akan melakukannya, saya pikir saya akan menyimpannya,” pungkasnya.