Tips, travel, Wisata

Objek Wisata Gunung Prau Buka Kembali Lagi 4 Maret 2021

15 Fakta Jalur Gunung Prau yang Ditutup, Hati-hati Didenda Rp500 Ribu

Ski-jungle.com – Setelah ditutup sejak Januari lalu, Gunung Prau akhirnya kembali dibuka untuk wisatawan. Pendaki kembali bisa menikmati keindahan gunung yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah tersebut.

Mengutip akun Instagram resminya @prau_mountain, berdasarkan surat pemberitahuan dari Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia, seluruh jalur pendakian di Gunung Prau kembali dibuka untuk umum pada tanggal 4 Maret 2021.

“Berdasarkan hasil rapat forum koordinasi Gunung Prau Indonesia (FKPI) menyepakati bahwa semua jalur pendakian Gunung Prau resmi dibuka untuk umum pada tanggal 4 Maret 2021 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan peraturan yang sudah ditentukan,” tulis surat pengumuman tersebut.

Selain wajib menerapkan protokol kesehatan ketat, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan bagi pendaki sebelum kembali mendaki Gunung Prau. Apa saja?

  1. Wajib membawa surat keterangan sehat
  2. Wajib membawa foto copy KTP atau identitas lainnya
  3. Wajib membawa handsanitizer
  4. Wajib memakai dan membawa masker
  5. Wajib membawa perlengkapan pendakian sesuai SOP
  6. Kuota pendakian 50 persen dari kapasitas normal
  7. Tenda diisi 50 persen dari kapasitas
  8. Peraturan lama masih diberlakukan

Gunung Prau sendiri memiliki ketinggian 2.565 mdpl, dan berada dekat dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung ini terkenal dengan pemandangannya yang mempesona, khususnya golden sunrise yang jadi idola tiap pendaki.

Gunung Prau Dieng memiliki beberapa jalur, di antaranya melalui Patak Banteng, Dieng, Wates, Kalilembu, Dwarawati, Kenjuran, Campurejo, dan Pranten.

Di antara delapan jalur pendakian itu, Basecamp Patak Banteng dan Dieng-lah yang menjadi favorit.