General

Mitos Tempat Wisata yang Bikin Enteng Jodoh

Jakarta – Indonesia memiliki banyak legenda dan mitos, tak sedikit yang mengenai jodoh.Meski jodoh ada di tangan Tuhan, namun masih banyak saja turis lokal yang ramai-ramai datang ke objek wisata di daerah untuk melakukan ritual enteng jodoh.

Mata air dan air terjun menjadi tujuan utama untuk ritual tradisional mendatangkan jodoh. Percaya atau tidak, tapi membasuh diri dengan mata air segar memang menyehatkan badan.

Selain itu ada pula batu dan pohon yang dipercaya bisa mendekatkan diri dengan jodoh sampai melanggengkan hubungan pasangan. Salah satu yang terkenal ialah Pohon Jodoh di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Selain Pohon Jodoh, berikut sejumlah objek wisata di penjuru Indonesia yang dipercaya bisa mengentengkan jodoh:

  • Air Terjun Sekar Langit

Legenda Jaka Tarub dan Tujuh Bidadari berawal dari air terjun yang berada di puncak Gunung Telomoyo, Jawa Tengah ini.

Bagi para wanita, mandi di dalam kolamnya dipercaya bisa menambah aura kecantikan. Sementara bagi orang yang masih jomblo bisa bermeditasi di sini pada Selasa dan Jumat Kliwon untuk mengentengkan jodoh.

  • Pemandian Yeh Sanih

Berada di Desa Sanih, Buleleng, Bali, pemandian ini berupa kolam dengan mata air alami yang terus mengalir sepanjang tahun.

Pasangan yang membasuh badan di sini dipercaya bakal memiliki hubungan yang langgeng.

  • Pulau Asmara Situ Patenggang

Indah dan melegenda, adalah dua kata yang bisa menggambarkan danau yang berada di Bandung ini.

Terdapat Batu Cinta di sini, di mana pasangan yang mengelilinginya bakal diberi hubungan yang awet. Sementara bagi orang yang jomblo bisa segera mendapatkan jodohnya.

  • Umbul Jumprit

Setiap Selasa dan Jumat Kliwon banyak pengunjung yang bermeditasi dan berendam di sini. Mata air ini juga digunakan untuk upacara Hari Raya Waisak setiap tahunnya.

Selain enteng jodoh, orang yang berendam di dalam kolamnya juga dikatakan bisa awet muda.

  • Jembatan Akar Painan

Jembatan yang berlokasi di Pesisir Selatan, Sumatra Barat, ini terlihat megah walau terbuat dari akar dua pohon kubang besar yang berdiri di masing-masing tepinya.

Pengunjung yang datang bisa mandi di Sungai Bayang yang mengalir di bawahnya agar segera enteng jodoh.