Tips, travel, Wisata

Kawasan Pecinaan di Indonesia, Menjadi Kawasan Asyik Menikmati Suasana Imlek 2021

Pernah membayangkan seperti apa rasanya merayakan Tahun Baru Cina atau Imlek di Tiongkok, Hong Kong atau Taiwan? Jika hal itu tidak memungkinkan saat ini, kamu bisa mengunjungi kawasan pecinan yang tersebar di Indonesia. Dijamin nggak beda jauh, kok!

Seperti halnya negara-negara lain di dunia, ada kawasan pecinan di Indonesia. Daerah ini mayoritas penduduknya merupakan keturunan Tionghoa yang berasal dari Tiongkok, Hong Kong, bahkan Taiwan. Ragam budayanya pun ikut dibawa ke kawasan pecinan ini, yang menghadirkan akulturasi yang harmonis dengan budaya lokal. Salah satu budaya yang ramai mencuri perhatian adalah perayaan tahun baru Cina atau Imlek.

Tertarik mengetahui budaya Cina, perkembangannya dan sejarah dibaliknya, kamu bisa mengunjungi kawasan pecinan yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa ikut meramaikan perayaan hari kebesaran mereka, lho! Yuk simak daftar kawasan pecinan di Indonesia yang bisa kamu kunjungi di bawah ini!

  1. Kawasan Kya Kya, Surabaya

Kawasan pecinan di Surabaya adalah Kya Kya. Saat masuk di kawasan ini, kamu akan disambut gapura naga dan patung singa di sisi kanan dan kiri gerbang. Lokasi Kya Kya berada di Kembang Jepun dan menjadi salah satu daerah yang kental dengan budaya Tiongkok.

Kamu tidak hanya bisa melihat bangunan kuno dengan arsitektur khas Tiongkok, ada pula sejumlah ornamen khas Tionghoa di setiap bangunan. Jika menyempatkan diri datang ke kawasan ini, jangan sampai melewatkan kulinernya yang banyak ragam dan rasa.

  1. Singkawang, Kalimantan Barat

Kota Singkawang di Kalimantan Barat bisa dikatakan sebagai kawasan pecinan terbesar di Indonesia. Bagaimana tidak, penduduknya mayoritas dihuni oleh warga keturunan Tionghoa. Karena itu, Singkawang dikenal sebagai Chinatown yang sebenarnya di Indonesia.

Dari adat istiadat, budaya dan juga banyak hal lain di Singkawang terinspirasi oleh kebudayaan Cina. Tak salah jika banyak ragam perayaan budaya Cina yang digelar di Singkawang tidak kalah ramai dan meriah seperti yang ada di Tiongkok, Hong Kong dan Taiwan, seperti perayaan Tahun Baru Cina, Imlek hingga perayaan Cap Go Meh.

  1. Wilayah Kauman di Semarang

Di daerah lain di Indonesia, Kauman merupakan kampung yang identik dengan santri, dan masyarakatnya beragama Islam. Tapi di Semarang, ada sedikit perbedaan yang mencolok. Kampung Kauman di Semarang lebih dikenal sebagai kawasan pecinan.

Wilayah Kauman di Semarang mencolok karena sejumlah bangunan tua yang dimilikinya. Pada malam hari, kawasan ini menjadi Pasar Malam Semawis, lokasi yang pas untuk berwisata kuliner. Menjelang Tahun Baru Cina, daerah ini bersolek dengan ornamen imlek mendominasi hingga pertunjukan barongsai hampir di setiap malam. Suasanya meriah, lho!

  1. Bukit Nagoya, Batam

Komunitas Tionghoa juga banyak tersebar di Batam dan kawasan Bukit Nagoya alias Nagoya Hill menjadi daerah pecinan di wilayah ini. Banyak bangunan tua yang masih berdiri di aera ini, termasuk sejumlah kelenteng yang masih digunakan.

Di kawasan ini juga terdapat sejumlah pusat perbelanjaan. Yang paling asyik adalah menikmati kuliner di kawasan ini karena banyak pilihan yang menarik untuk dicoba.

  1. Sudiroprajan, Solo
    Jika ingin melihat akulturasi budaya Tionghoa dan lokal, kamu bisa berkunjung ke Solo dan langsung menuju ke daerah Sudiroprajan. Di sini, kamu bisa melihat percampuran budaya dalam simbol, arsitektur dan adat istiadat, yang semuanya berjalan harmonis.

Acara budaya di Sudiroprajan, Grebeg Sudiro, juga berlangsung meriah. Sejak digelar pada 2007, acara ini menjadi acara tahunan yang rutin digelar, dan sukses menarik perhatian besar. Bayangkan, bisa melihat arak-arakan barongsai, pawai lampion dan gunungan kue kranjang saat Tahun Baru Cina atau Imlek? Sepertinya sangat menarik, kan?

  1. Kawasan Asia Mega Emas, Medan
    Di Pulau Sumatera, kawasan pecinan paling terkenal adalah yang ada di Medan, yaitu Asia Mega Emas. Untuk mendapatkan kesan maksimal, kamu bisa mengunjungi daerah ini saat sore atau malam hari, karena banyak aktivitas yang dimulai setelah matahari tenggelam.

Tidak hanya bisa menikmati kuliner khas pecinan di Medan, kamu juga bisa melihat ragam budaya dan interaksi warga Tionghoa. Daerah ini juga ramah muslim, jadi untuk berwisata kuliner di sini tidak perlu bingung karena kamu bisa mengetahui tempat makan mana yang menyajikan makanan halal dan mana yang non-halal.

  1. Petak Sembilan, Jakarta Barat
    Di ibukota, Petak Sembilan bisa dikatakan sebagai kawasan pecinan di Jakarta. Dimulai dari Asemka hingga Glodok, ada banyak hal yang bisa dilihat. Kemeriahan juga semakin terasa ketika Tahun Baru Imlek, di mana warna merah mendominasi setiap sudutnya.

Banyak hal yang bisa dilakukan di kawasan ini, dari menikmati ragam produk budaya hingga berwisata kuliner. Kamu juga bisa mengikuti kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek.

Masih banyak kawasan pecinan lain di Indonesia, seperti yang ada di Magelang, Tanjung Pinang, Riau dan yang lainnya. Di manapun itu, dijamin perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek akan berjalan meriah di sana!