travel

Ini Alasan Kenapa Traveling di Indonesia Lebih Seru

Bisa dibilang traveling di Indonesia itu sangat lengkap. Ada banyak wisata alam, pegunungan, laut, dan tempat lain yang bisa kamu eksplor dari Sabang sampai ke Merauke.

Dibandingkan harus ke luar negeri, kenapa kamu nggak coba eksplor tempat wisata di Nusantara? Nah ada beberapa alasan yang patut kamu ketahui mengapa berwisata #DiIndonesiaAja lebih baik dibandingkan traveling ke luar negeri.

  1. Sesuaikan Bujet

Jika nggak memungkinkan untuk traveling ke luar kota, coba dulu nikmati tempat wisata terdekatmu. Kalau kamu bisa menyesuaikan bujet dengan tempat wisata terdekat yang akan dikunjungi dan dapat pengalaman menyenangkan, dipastikan kamu bakal ketagihan. Artinya, kamu akan lebih berusaha mengumpulkan uang, untuk menikmati destinasi wisata di Tanah Air lainnya.

  1. No Paspor No Visa

Traveling ke dalam negeri alias hanya di sekitar Indonesia saja, nggak membutuhkan proses administrasi yang ribet. Artinya, kamu nggak perlu menyiapkan paspor atau bahkan visa untuk menikmati sejuta kekayaan wisata di Tanah Air.

  1. Ragam Budaya

Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi menyebut bahwa Indonesia memiliki 714 suku dan 1001 bahasa. Bisa bayangkan betapa kayanya negeri ini! Ya, ketika traveling ke satu daerah dan mengetahui budayanya, dipastikan kamu bakal mendapat pengalaman yang tak terlupakan.

  1. Kuliner

Jumlah kuliner di Indonesia tak terhitung jumlahnya. Pada 2013, tercatat ada lebih dari 5300 makanan asli Indonesia! Wow keren banget ya! Dengan menikmati pariwisata di satu wilayah saja, kamu bisa menemukan beberapa makanan asli daerah tersebut. Gimana, sudah siap berkulineran?

  1. Pemandangan Luar Biasa

Ini salah satu alasan mengapa banyak turis mancanegara datang ke Indonesia. Ya karena Ibu Pertiwi ini memiliki spot dengan view yang luar biasa indah. View itu bisa dinikmati tak hanya di wisata darat saja, tapi juga laut dan gunung yang tersebar di Nusantara.

  1. Sudut Istimewa

Jika ditelusuri ternyata Indonesia menyimpan banyak surga tersembunyi alias wisata yang belum tereksplor. Dengan mendatangi tempat wisata yang belum ramai pengunjung, artinya kamu menambah wawasan atau pengetahuan tentang daerah tersebut. Dengan begitu, tempat wisata tersebut bisa dikenal luas karena adanya pengalaman menarik darimu!

  1. Mirip Luar Negeri

Sadar nggak sih kalau tempat wisata Indonesia itu sebenarnya juga mirip dengan di luar negeri? Contohnya, ada Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mirip dengan Kawah Viti di Islandia. Lalu Kawah Putih di Bandung yang mirip dengan Danau Rotorua di Selandia Baru. Nah masih banyak sebenarnya spot wisata di Indonesia yang nggak kalah cantik seperti di luar negeri.

  1. Destinasi Prioritas

Pemerintah mengkategorikan sejumlah tempat wisata di Tanah Air untuk masuk ke destinasi prioritas. Adanya destinasi prioritas bukan hanya untuk menarik para wisatawan asing saja, tapi juga turis lokal. Nah dengan adanya destinasi prioritas, kamu dengan mudah bisa memperkirakan lokasi mana saja yang akan dikunjungi untuk masuk bucket list traveling-mu.

  1. Wujud Cinta Tanah Air

Tanpa disadari, ketika traveling keliling Indonesia sebenarnya kamu sedang mewujudnyatakan kecintaanmu pada Tanah Air. Dari ratusan tempat wisata di Indonesia, sudah berapa tempat yang kamu kunjungi? Jika sudah banyak, dengan sendirinya kamu akan bangga dengan pencapaian itu!

  1. Bantu Ekonomi Dalam Negeri

Nah inilah yang paling penting ketika kamu traveling di Indonesia. Ya ketika kamu berkunjung ke sejumlah tempat wisata atau ke daerah di Tanah Air, kamu secara tidak langsung sedang membantu warga setempat meningkatkan kondisi ekonominya. Dalam skala besar, kamu sedang membantu pemerintah membantu meningkatkan ekonomi dalam negeri, dengan membeli sejumlah produk dari UMKM setempat.

Namun, perlu diingat kalaupun traveling, kamu harus menerapkan protokol kesehatan ya.