travel, Wisata

Berlibur Sekaligus Mengenal Sejarah Candi Borobudur Yang Melegenda

Berwisata dan Mengenal Sejarah Candi Borobudur

ski-jungle.com – Nama Candi Borobudur tentunya sudah tidak asing lagi bagi kalian, Candi ini disebut sebagai kompleks candi buddha terbesar di indonesia bahkan juga terbesar di dunia. UNESCO menetapkannya sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991. Selain menjadi cagar budaya dunia, Candi Borobudur juga menjadi salah satu tempat wisata yang menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Candi Borobudur ini memiliki luas 123 x 123 meter persegi dan terdiri dari 10 tingkat, Bangunannya tersusun dari balok vulkanik yang membentuk 504 arca, 71 stupa, dan sebuah stupa induk besar di puncaknya. Menariknya bangunan ini tidak mengunakan seminal fluid atau perekat lainnya, Bangunannya terlihat seperti susunan lego raksasa.

Dinding Candi Borobudur memiliki sekitar 1.460 panel relief dengan panjang masing-masing panel 2 meter. Panel-panel relief ini menceritakan mengenai tingkatan kehidupan buddha. Alleviation di bagian bawah candi disebut dengan ‘kamandathu’ yang menceritakan tentang perilaku buruk manusia yang dipenuhi nafsu dunia dan membuatnya masuk neraka. Relief bagian tengah disebut ‘rapadathu’ Bercerita tentang manusia yang sudah terbebas dari hawa nafsu dunia. Sedangkan reliaf teratas adalah ‘Arupadhatu’. Menggambarkan tingkatan pencapaian teratas dimana para dewa bersemayam.

Selain tiga relief tersebut, sebenarnya masih ada panel alleviation dibagian bawah candi yang terkubur. Menurut para ahli sejarah, relief yang terkubur bernama ‘Karmawibanggha’. Inilah adalah relief yang menceritakan mengenai tingkatan terbawah manusia. alleviation ini menggambarkan perilaku buruk manusia yang mengikuti hawa nafsu seperti membunuh, memerkosa dan bergosip. Bahkan disebutkan ada gambar hubungan suami istri. penguburan relief itu memiliki dua alasan, yaitu karena relief yang dianggap tidak sopan dan upaya agar candi tetap kokoh berdiri.

Candi borobudur juga disebut sebagai mahakarya terbesar manusia sepanjang sejarah. Susunan balok vulkanik dan pahatan reliefnya merupakan sebuah karya seni yang tak tertandingi nilainya. Tempat wisata ini juga menjadi bukti kemajuan peradaban manusia zaman dahulu dalam bidang arsitektur, teknologi, dan seni sastra.

Dikompleks ini terdapat dua museum yaitu Gallery Samudera Raksa dan Museum Karmawibhangga. Museum Samudera Raksa berisi Bermacam koleksi dan informasi mengenai sejarah perdagangan Asia dan Afrika pada jaman dahulu, Sedangkan Gallery Karmawibhangga berisi informasi mengenai pembangunan Candi Borobudur

Tak hanya bangunan candi yang menarik perhatian, namun juga pemandangan alam disekitarnya. Disebelah selatan candi terdapat Bukit Manoreh yang jika dilihat bentuknya menyerupai seseoarang dalam posisi tidur. Selain Bukit Manoreh, masih ada Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi yang mengelilingi Bangunan ini.

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur diperkirakan mulai dibangun pada masa Dinasti Syailendra sekitar abad ke-9 dibawah pemerintahan raja Samaratungga. Arsitek Pembangunan kompleks candi bernama Gunadharma yang berhasil merancang bangunan luar biasa ini meskipun tak mengenal sistem komputer dan teknologi canggih lainnya. Pembangunan Kompleks ini diselesaikan sekitar 50-70 tahun kemudian. Nama Borobudur berasal dari bahasa sansekerta ‘Vihara Buddha Uhr’ Yang berarti Biara Buddha di bukit.

Pada Masa itu, Candi Borobudur menjadi pusat kegiatan keagamaan terbesar. Sampai saat masuknya pengaruh islam pada abad ke-15.
Candi ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat yang beralih ke agama islam. Borobudur semakin terlupakan saat terjadi letusan gunung merapi yang membuatnya terkubur abu vulkanik.

Pada tahun 1814, Sir Thomas Stamford Raffles Mengungkap keberadaan Candi Borobudur setelah mendapat informasi mengenai adanya sebuah bangunan besar yang tertimbun abu vulkanik. tak hanya abu vulkanik, saat ditemukan juga dipenuhi semak belukar.

Sejak ditemukan kembali, pemugaran dan berbagai usaha rekonstruksi candi dilakukan mulai dari masda penjajahan inggris, Belanda, sampai Indonesia telah merdeka. Dengan bantuan UNESCO dan para ahli sejarah budaya dari berbagai belahan dunia, Indonesia terus berupaya memperbaiki kondisi Candi Borobudur. Setelah lebih dari sepuluh abad terabaikan dan tak terpelihara, kompleks candi ini tetap berdiri kokoh sampai saat ini.

Mengenali Dan Mempelajari Seni Sastra Dan Budaya

jika kamu senang seni sastar dan budaya, Candi borobudur tentunya tempat yang cocok untuk mencari pengalaman yang menarik sekali. Kamu bisa mengamati relief yang ada pada candi dan membaca sejarahnya. Untuk Membaca cerita relief kamu harus berjalan mengitari candi searah putaran jarum jam, yaitu dari kiri ke kanan. Mulailah dari pintu timur ditingkatan bawah dan berjalanlah memulai sampai ke pintu awal dan naik tangga ke tingkatan berikutnya. Lakukan terus sampai ketingkatan paling atas untuk mendapatkan cerita yang sepenuhnya. jika kamu bingung, tenang saja karena ada jasa pemandu yang siap membantu kamu.

Toko Suvenir

Jika anda mengunjungi sebuah tempat wisata tanpa membeli suvenir khasnya itu sepertinya ada yang kurang. Nah, tak jauh dari kompleks Candi Borobudur terdapat sederet toko atau kios suvenir yang menawarkan barang beragam. Mulai dari topi, kaos, tas, gantungan kunci sampai miniatur candi. Untuk Harga yang ditawarkan bervariasi, jadi gunakan kemampuan kalian untuk tawar-menawar ya.

Sekian ya untuk artikel kali, terima kasih buat kalian yang sudah membaca artikel kami semoga bermanfaat. jika anda ingin berkomentar silahkan tulis di kolom komentar ya. Untuk anda yang ingin menambah wawasan dan pengetahuan bisa ikuti terus artikel kami selanjutnya. terima kasih banyak dan salam sehat selalu ya traveller.