Tips, travel, Wisata

Beberapa Mitos Wisata yang Bisa Bikin Cintamu Kandas

76,000+ Romance Couple Pictures

Ski-jungle.com – Berkunjung ke tempat wisata adalah satu dari banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu berdua bareng pasangan.

Walau demikian, ternyata ada deretan tempat wisata yang sebaiknya tak kamu kunjungi bareng pasangan, karena mitos putus cinta yang menyelimutinya.

Tempat wisata ini konon bisa membuat cintamu bareng pasangan kandas di tengah jalan.

Percaya enggak percaya, berikut ski-jungle.com rangkum beberapa tempat wisata di Tanah Air yang terkenal akan mitos putus cintanya.

  • Jembatan Merah, Kebun Raya Bogor
Mitos Putus Cinta Jembatan Merah Kebun Raya Bogor : Okezone Travel

Tempat wisata pertama yang sudah amat populer dengan mitos putus cintanya adalah Kebun Raya Bogor. Salah satu mitos yang beredar di sana adalah Jembatan Merah yang konon bisa bikin cintamu kandas dengan pasangan.

Terletak di sebelah utara Kebun Raya Bogor, jembatan sepanjang 20 meter itu sering dijuluki pengunjung sebagai Jembatan Cinta. Tidak diketahui siapa yang menamai jembatan tersebut sebagai Jembatan Cinta.

Akan tetapi, bertolak belakang dari namanya, ternyata bila datang ke tempat itu berpasangan dan menyeberang di Jembatan Merah tersebut, maka jalinan asmara kamu akan kandas.

  • Candi Prambanan, Yogyakarta
Viral di Twitter Netizen Debat Siapa Pendiri Candi Prambanan, Ini  Sejarahnya Halaman all - Kompas.com

Selain Candi Borobudur, Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan di Yogyakarta. Kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun sekitar abad ke-9 Masehi itu tak hanya punya pesona menakjubkan, tapi juga terkenal dengan mitosnya.

Tempat wisata ini erat kaitannya dengan legenda Roro Jonggrang yang meminta seribu candi dalam semalam dari Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso pun menyanggupi permintaan tersebut dengan bantuan banyak jin untuk memenuhi permintaan Roro Jonggrang.

Namun, ternyata Roro Jonggrang mengkhianati perjanjian tersebut. Bandung Bondowoso yang marah kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi pelengkap candi ke seribu. Legenda itu kemudian berkembang menjadi mitos yang berkembang, bahwa setiap pasangan kekasih yang datang ke Candi Prambanan hubungan percintaannya akan berakhir.

Terlepas dari hal tersebut, Candi Prambanan menawarkan tempat wisata dengan panorama alam yang indah. Bahkan tempat ini sering dijadikan wisatawan sebagai salah satu spot berburu sunrise atau sunset yang indah.

  • Tanjakan Cinta, Gunung Semeru
Mitos Tanjakan Cinta Gunung Semeru | Info Budaya Indonesia

Selain Ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta merupakan salah satu tempat yang sangat populer di kalangan pendaki. Tanjakan Cinta yang terletak di jalur pendakian menuju puncak Mahameru ini juga terkenal dengan mitosnya.

Konon, mereka yang bisa terus berjalan tanpa henti hingga di atas bukit dan tanpa menoleh ke belakang, jika sedang pacaran, maka akan berakhir bahagia. Namun, bila berhenti di tengah jalan, maka hubungan itu akan kandas.

Legenda ini berawal dari dua sejoli yang sudah bertunangan, mendaki Gunung Semeru bersama. Ketika melewati jalur ini, si lelaki sudah sampai di atas lebih dulu. Sedangkan si wanita yang kelelahan akhirnya terjatuh dan meninggal dunia.

  • Telaga Sarangan, Magetan
Review Telaga Sarangan, Mitos, Daya Tarik, Hotel, Harga Tiket Masuk 2019

Telaga Sarangan menjadi tempat wisata di Indonesia yang juga terkenal akan mitos putus cinta. Menurut cerita warga sekitar, tempat ini pantang didatangi oleh pasangan kekasih.

Mengapa? Konon, pasangan kekasih yang datang ke tempat ini disebutkan bisa gagal menapaki hubungan ke tingkat selanjutnya, alias gagal bersanding di pelaminan.

Dikatakan lebih lanjut, memang ada beberapa pasangan yang akhirnya putus tidak jadi menikah, tidak lama setelah berkunjung ke telaga satu ini.

  • Candi Gedong Songo, Semarang
6 Tempat Wisata Malam Hari di Sekitar Ungaran Ibu Kota Kabupaten Semarang |  JejakPiknik.Com

Terakhir, tempat wisata yang konon bisa bikin hubunganmu berakhir adalah Candi Gedong Songo.

Percaya atau tidak, bila berada di kawasan candi ini, jangan coba-coba untuk menggombal kepada pasangan. Karena bila mengeluarkan rayuan gombal, dipercaya akan membuat hubungan percintaan akan putus di tengah jalan.

Meski begitu, Candi Gedong Songo menawarkan wisata sejarah bagi wisatawan. Dinamakan Gedong Songo karena memang ada 9 candi di kawasan tersebut.

Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.