Kuliner

Beberapa Kuliner Malam Di Solo Yang Wajib Dicoba

Berwisata kuliner di berbagai daerah di Indonesia tentu selalu menarik untuk dicoba. Sebab, setiap daerah mempunyai makanan khas dengan berbagai cita rasa dan kelezatan yang beragam. Bukan hanya itu, dengan mencoba wisata kuliner di berbagai daerah juga menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Salah satu wisata kuliner yang menyajikan berbagai sajian dan pengalaman menarik adalah kuliner Solo. Tidak hanya buka pada pagi hingga sore hari, Solo juga mempunyai berbagai wisata kuliner malam yang menarik untuk dicoba. Beberapa tempat kuliner malam Solo pun sangat populer dan selalu ramai pengunjung.

Jika Anda berencana berkunjung ke Kota Keraton ini, maka perlu dan wajib mencoba beberapa kuliner malam Solo yang menarik dan legendaris ini. Tidak perlu khawatir, berbagai makanan lezat khas Solo bisa Anda dapatkan dengan harga yang murah meriah. Sehingga tidak perlu takut kehabisan uang untuk menjelajahi kuliner malam Solo yang menarik.

Anda juga bisa mengajak teman atau keluarga untuk mencoba dan menikmati bersama sajian kuliner malam Solo ini. Selain menikmati kelezatan kulinernya, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan Solo di malam hari dengan keramaiannya. Dengan begitu, Anda bisa menikmati waktu lebih rileks dan setelah sehari beraktivitas atau berkeliling di Kota Solo.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami merangkum beberapa kuliner malam Solo yang populer, enak, dan murah, bisa menjadi rekomendasi Anda.

Galago

Kuliner malam Solo yang pertama adalah Galabo. Galabo atau singkatan dari Gladag Langen Bogan, merupakan salah satu tempat kuliner malam Solo yang populer. Buka mulai pukul 17.00 WIB hingga dini hari, Anda bisa menemukan berbagai hidangan tradisional hingga makanan kekinian yang lezat dan menggugah selera. Seperti hidangan rawon khas dengan bumbu rempahnya, tengkleng, hingga sate kere yang murah meriah.

Dari lokasi sebelumnya yang berada di sebelah timur Bundaran Gladag, Jalan Mayor Sunaryo depan Beteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo (PGS), kini Galabo telah berpindah di kawasan parkir sebelah selatan Benteng Vastenburg atau di depan PGS. Karena berpindah tempat, namanya pun berubah menjadi New Galabo.

Meskipun berpindah lokasi, namun New Galabo tetap nyaman dikunjungi. Di sini, Anda bisa mencicipi berbagai sajian menarik dari 28 pedagang yang membuka lapak di tempat ini. Tidak perlu khawatir, berbagai makanan lezat bisa Anda dapatkan dengan murah tanpa menghabiskan kantong.

Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan

Kuliner malam Solo yang tidak kalah menarik berikutnya adalah Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan. Meskipun makanan khas Yogyakarta, namun Solo juga mempunyai hidangan gudeg legendaris yang tidak kalah lezat. Berbeda dengan gudeg Yogyakarta, gudeg Solo Bu Kasno menambahkan sajian ceker yang menggugah selera.

Jika tertarik, Anda harus menunggu hingga pukul 01.00 dini hari ini mencicipi kelezatan gudeg khas resep Bu Kasno. Sebab, warung gudeg ini hanya buka dini hari saja. Untuk menikmati satu porsi gudeg Bu Kasno, Anda cukup membayar 18.000 rupiah saja, lengkap dengan tiga buah ceker ayam yang menggoda.

Anda bisa menikmati sajian gudeg ceker lezat bersama teman atau keluarga di warung yang terletak Jalan Monginsidi Mergoyudan, Surakarta, tepat di depan Gereja Kristen Jawa, dan SMA Negeri 1 Surakarta.

Pecel Ndeso

Kuliner malam Solo rekomendasi berikutnya adalah Pecel Ndeso. Hidangan pecel yang menyajikan berbagai sayuran dan campuran mi goreng serta disiram dengan sambal kacang pedas manis memang merupakan salah satu makanan populer, khususnya di Jawa Tengah. Salah satu kuliner pecel yang cukup populer dan patut Anda coba adalah Pecel Ndeso Solo.

Warung Pecel Ndeso ini terletak di Jalan Dr. Soepomo No.55 Mangkubumen, Solo. Hanya dengan membayar 10.000 hingga 20.000 rupiah saja, Anda bisa menikmati satu porsi pecel lezat dengan beragam lauk yang disajikan. Selain sajian pecel, warung ini juga berbagai minuman tradisional yang menyegarkan. Mulai dari beras kencur, jahe pandan, kunir asem sirih, hingga temu lawak.

Warung ini biasanya buka pada pagi hari tepatnya pukul 08.00–16.00 WIB. Namun jika tidak kebagian, Anda masih bisa mencicipi lezatnya Pecel Ndeso mulai pukul 18.00–22.00 WIB. Tentu saja, ini menjadi rekomendasi kuliner malam Solo yang menarik dan bisa dikunjungi beramai-ramai bersama keluarga.

Nasi Liwet Wongso Lemu

Kuliner malam Solo yang bisa menjadi pilihan Anda lainnya adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Nasi liwet juga merupakan salah satu makanan tradisional Solo yang populer dan sudah ada sejak lama. Salah satu warung nasi liwet yang legendaris di kota Solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Konon, Nasi Liwet ini sudah berdiri sejak tahun 1950. Hingga saat ini, warung Nasi Liwet Wongso Lemu masih digemari banyak masyarakat, terbukti warung ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Di sini, Anda bisa menikmati satu porsi nari liwet yang bercita rasa gurih lengkap dengan ayam suwir, sayur labu, telur rebus, dan sedikit sambal yang menambah selera. Satu porsi nasi liwet bisa Anda dapatkan dengan harga 10.000–20.000 rupiah saja. Jika tertarik, warung ini buka setiap hari pukul 16.00 hingga 01.00 dini hari di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Solo.