travel, Wisata

Asal-usul Batu Stonehenge di Inggris

Hasil gambar untuk Batu Stonehenge Inggris

Ski-jungle — Para peneliti memecahkan misteri abadi tentang asal-usul monumen Stonehenge berasal. Sebab selama ribuan tahun, asal dan tujuan batu-batuan yang berada di Inggris itu terus menjadi misteri yang tak terpecahkan.

Namun, sebuah penelitian terbaru mulai memberikan titik terang. Temuan para arkeolog menunjukkan batu-batu yang berada di situ kuno Stonehenge di Inggris awalnya ditempatkan di pegunungan Wales.

Dilansir The Lonely Planet, para peneliti dari University College London yang dipimpin oleh Mike Parker Pearson menemukan sisa-sisa lingkaran batu kuno di Wales bernama Waun Mawn.

Lingkaran batu itu terletak di Perbukitan Preseli di Pembrokeshire, Inggris yang jaraknya 200 kilometer dari situs Stonehenge.

Mereka memprediksi usia lingkaran di Wales lebih tua dari Stonehenge.
Hasil penelitian yang dipublikasikan ke dalam jurnal Antiquity tersebut mengungkapkan, lingkaran di Perbukitan Preseli dulunya lebih luas dan didiami oleh 30-50 monolit yang serupa dengan batu Stonehenge. Kini di lokasi hanya tersisa empat monolit.

Dalam penelitian yang dipublikasikan ke dalam jurnal Antiquity ini, para ilmuwan juga menyoroti beberapa hubungan penting antara Stonehenge dan Waun Mawn.

Menurut peneliti, kepingan dari Waun Mawn menunjukkan bahwa batu tersebut dibuat dengan jenis batuan yang sama dengan Stonehenge.

Waun Mawn juga memiliki diameter 110 meter, sama dengan diameter parit yang melingkungi Stonehenge.

Tak berhenti di situ, kedua monumen sejajar saat matahari terbit di pertengahan musim panas.

Berdasarkan penelitian, batu-batu dari Waun Mawn mungkin telah dibongkar dan dipindahkan 175 mil untuk dipasang kembali sebagai Stonehenge.

Ilmuwan juga memprediksi perpindahan ini dilakukan sebagai bagian dari migrasi penduduk ke luar Wales barat. Orang pertama yang dimakamkan di Stonehenge kemungkinan besar pernah tinggal di wilayah tersebut.