Wisata

6 Danau Ubur-ubur Cantik Milik Indonesia

Palau, sebuah negara tropis di kepulauan Samudera Pasifik terkenal dengan danau air asinnya yang dihuni ribuan ubur-ubur tanpa sengat. Tempat ini menjadi salah satu spot Instagramable yang diburu pelancong dunia.

Sementara itu, Indonesia juga punya danau ubur-ubur yang tak kalah indah. Tak hanya satu, namun ada sembilan danau dengan ubur-ubur tanpa sengat yang bisa dieksplorasi wisatawan. Salah satu yang paling populer adalah danau air asin yang berada di Kakaban, Kepulauan Derawan. Danau ini bahkan lebih unik lagi, karena ada empat spesies ubur-ubur tanpa sengat yang hidup di dalamnya.

Berikut ini deretan danau ubur-ubur tanpa sengat yang bisa dikunjungi setelah pandemi berakhir nanti. Mana yang sudah pernah Anda selami?

  1. Danau Ubur-Ubur Pulau Kakaban – Kepulauan Derawan

Danau dengan ubur-ubur tanpa sengat paling populer sudah pasti Kakaban yang ada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Merupakan salah satu spot wisata alam yang wajib dikunjungi saat traveling ke Derawan.

Ada empat spesies ubur-ubur yang bisa diajak berenang oleh para pengunjung, yaitu ubur-ubur kotak, ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, dan ubur-ubur terbalik. Semuanya aman untuk disentuh.

  1. Danau Mariona – Taman Nasional Togean
    Rupanya Taman Nasional Togean yang ada di Sulawesi Tengah juga memiliki wisata danau ubur-ubur tanpa sengat. Hewan lucu yang mirip agar-agar itu bisa ditemukan di Danau Mariona yang terletak di Katupat.

Ubur-ubur yang ada di Danau Mariona berasal dari aneka spesies. Ada yang berwarna oranye, putih transparan, kemerahan, dan bersemu ungu. Mereka cukup ramah terhadap manusia, sebab tidak terbiasa menemui predator. Jadi bisa diajak selfie sesuka hati. Tetapi lebih baik tidak usah menyentuh mereka. Meskipun tanpa sengat, ubur-ubur ini juga rapuh. Bisa saja kita membahayakan nyawa mereka dengan sentuhan.

Wisata ubur-ubur Danau Mariona biasanya menjadi satu dalam paket island hopping Togean. Mumpung pengunjungnya masih relatif sedikit.

  1. Danau Lenmakana – Raja Ampat
    Satu lagi danau ubur-ubur tanpa sengat yang tersembunyi di Pulau Misool, Kepulauan Raja Ampat. Danau Lenmakana yang letaknya tak begitu jauh dari Karawapu. Tentu tak kalah indah dan alami.

Dibandingkan Togean dan Kakaban, jumlah ubur-ubur tanpa sengat di Danau Lenmakana bahkan jauh lebih banyak lagi. Beberapa wisatawan menggambarkan sensasi menyelam di sana seperti memasuki ladang ubur-ubur Bikini Bottom-nya Spongebob.

Demi menjaga kealamian lingkungan, wisatawan disarankan untuk tidak snorkeling di dalam danau dengan menggunakan tabir surya atau produk serupa.

  1. Danau Karawapop – Raja Ampat
    Raja Ampat memang surganya wisata alam. Tak cuma pantai cantik, pulau eksotis, dan wisata karang yang memukau, kepulauan ini ternyata juga punya danau ubur-ubur tanpa sengat.

Danau dengan ubur-ubur tanpa sengat bisa dijumpai di Misool, salah satu pulau di Raja Ampat yang kini sedang naik daun. Tak cuma satu, Misool memiliki beberapa danau yang dihuni ubur-ubur tanpa sengat. Namun hanya beberapa yang diizinkan untuk dieksplorasi pengunjung. Salah satunya adalah Karawapu atau dikenal juga dengan nama Karawapop dan Karwapop.

Karawapu termasuk danau air asin. Di dalamnya terdapat ubur-ubur tanpa sengat dengan jumlah yang cukup banyak. Untuk mengunjungi danau, kita harus terbang ke Sorong, Papua. Setelah itu menyeberang ke Misool menggunakan kapal atau speedboat. Masih harus dillanjutkan dengan trekking yang cukup menguras tenaga untuk mencapai Karawapu.

  1. Danau Haji Buang – Pulau Maratua
    Bisa dikatakan Danau Haji Buang merupakan kembaran danau ubur-ubur Pulau Kakaban, Derawan. Danau ini terletak di Pulau Maratua, Kalimantan Timur.
  1. Danau Ubur-Ubur Pulau Sembilan (Mangiatan) – Taman Nasional Pulau Komodo. Jangan sampai keliru dengan Pulau Sembilan yang ada di Kota Baru, Kalimantan Selatan. Keduanya sama-sama memiliki wisata bahari keren. Tetapi Pulau Sembilan yang satu ini berada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di kawasan Taman Nasional Komodo.